Game
engine adalah perangkat
lunak yang dibuat untuk mempermudah pembuatan atau pengembangan sebuah video game. Game engine mempunyai
development tools dengan tampilan visual
dan langsung terintegrasi di dalam IDE
(Integrated Development
Environment) sehingga tools-tools development tersebut dapat digunakan kembali untuk mengembangkan
game yang lain. Hal ini membuat game
engine sering disebut game middleware karena game engine mempercepat pengembangan
sebuah game, mengurangi biaya
pengembangan game, dan tingkat kompleksitas dari pengembangan game. Game engine
secara lisensi terbagi menjadi dua, yaitu open source dan komersial. Salah satu
contoh game engine open source yang terkenal adalah Crystal Space dan Ogre, sedangkan contoh game engine komersial terkenal dan banyak
digunakan saat ini adalah Torque dan Unreal Engine.
Kecerdasan
buatan adalah sebuah
istilah yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “Artificial Intelligence”. Jika diartikan “Artificial” memiliki
makna “buatan”, sedangkan “Intelligence” adalah kata sifat yang memiliki makna
“cerdas”. Jadi Artificial Intelligence (AI) merupakan suatu buatan atau suatu
tiruan yang cerdas. Kecerdasan diciptakan menjadi sebuah algoritma dan
dimasukkan ke dalam mesin (komputer) sehingga mesin memiliki kemampuan untuk
melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia, kepandaian atau
ketajaman dalam berpikir, seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu
masalah.
Secara awam kecerdasan buatan diterjemahkan
sebagai sebuah sistem saraf, atau sensor atau otak yang diciptakan oleh sebuah
mesin. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin yang mampu untuk
berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan
seperti yang dilakukan oleh manusia.
Contoh
game yang menggunakan AI sangatlah
banyak mulai dari game PC, game pada mobile, dll. Salah satunya adalah game Pacman,
pemanfaatan AI dalam game ini digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk
menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu
(komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan
yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika
sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang
hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya. Dan masih banyak
lagi game-game yang menggunakan AI.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar