Menganalisis sebuah objek
dengann menggunakan 3 tool yang berbeda.
Pada postingan saya kali
ini, saya akan menganalisa sebuah objek dengan menggunakan 3 tool yang berbeda.
Disini sayag menganalisa sebuah robot dengan menggunakan blender, 3DS Max dan Maya.
Pertama dengan menggunakan
Blender. Blender adalah sebuah aplikasi
terintegrasi yang memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D. Blender
menyediakan sekumpulan luas dari kemampuan modeling, texturing, lighting,
animation, dan video post-processing. Selain itu, blender juga open source yang
bisa bebas dimodifikasi source codenya oleh pengguna asal tidak melanggar
aturan yang ada. Software blender yang
free memudahkan pengguna bebas mendownloadnya tanpa mengeluarkan biaya. Blender
yang multiplatform ini bisa untuk berbagai macam sistem operasi seperti Linux,
Mac dan Windows. Dan juga dalam blender ini ada fitur game engine untuk
pembuatan game. Lebih ringan dalam pembuatan modeling objek, pada bagian proses
pembuatan maupun saat ngerendernya. Berikut
adalah tampilan pembuatan robot menggunakan aplikasi blender.
Yang kedua yaitu dengan 3DS
Max. Dalam 3DS Max atau bisa disebut Max ini mempunyai kelebihan memberikan
efek-efek khusus pada hasil akhir seperti efek cahaya dan bayangan, dapat
menjalankan proses animasi dengan kata lain gambar bisa digerakkan dan dirubah
bentuknya serta diatur proses animasinya, Max ini bisa memberikan kesan hasil
akhir mendekati aslinya. Dalam Max ini kekurangannya yaitu proses berjalan
lebih lambat dalam proses pembuatan maupun saat proses hasil akhir/rendering. Berikut
adalah tampilan pembuatan robot menggunakan 3DS Max.
Yang ketiga menggunakan Maya.
Maya ini memiliki kelebihan memudahkan pengguna secara bebas memanipulasi
masing-masing titik individu untuk mengkontrol dan fleksibilitas, adanya fitur
pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat
lebih realistis. Sedangkan kekurangannya adalah pembuatan kerangka objek yang
mengharuskan membangun 1 set kerangka dari bawah ke atas dan hal ini dapat
memakan waktu lebih banyak, interface yang membingungkan bagi pemula.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar